WELCOME TO BEENHASYIM.COM | Sarana Menuntut Ilmu Syar'i | Dengan Berilmu Sebelum Berkata dan Sebelum Beramal | website : www.beenhasyim.blogspot.com |
Layanan ini dapat anda manfaatkan sebagai media untuk mengirim SMS secara GRATIS dari komputer Anda ke semua telepon seluler di Indonesia.

Rabu, 19 Januari 2011

Kewajiban Pertama Seorang Muslim

Soal
Apa kewajiban pertama bagi seorang hamba?



Jawab
Kewajiban pertama bagi seorang hamba adalah mengetahui tujuan dia diciptakan oleh Allah, perjanjian yang telah Allah ikatkan pada dirinya, tujuan di utusnya para Rasul kepada umat manusia, tujuan diturunkannya Kitab-kitab suci kepada mereka, tujuan diciptakannya dunia dan akhirat, Jannah dan Naar. Karena tujuan itulah Kiamat ditegakkan. Karena tujuan itulah Mizan atau timbangan ditegakkan, catatan amal perbuatan para hamba bertrbangan. Karena tujuan itulah, muncul kebahagiaan dan kesengsaraan, seseuai dengan cahaya yang diberikan oleh Allah kepada masing-masing hamba. Allah berfirman:


وَمَن لَّمْ يَجْعَلِ اللهُ لَهُ نُورًا فَمَالَهُ مِن نُّورٍ

“Dan Barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah Tiadalah Dia mempunyai cahaya sedikitpun” (QS An-Nuur: 40).

Soal
Apa tujuan dari diciptakannya para makhluk oleh Allah?

Jawab
Allah berfirman:
وَمَاخَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَمَابَيْنَهُمَا لاَعِبِينَ {٣٨} مَاخَلَقْنَاهُمَآ إِلاَّبِالْحَقِّ وَلَكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لاَيَعْلَمُونَ {٣٩}
“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (QS. Ad-Dukhaan: 38-39).

Allah berfirman:
وَمَاخَلَقْنَا السَّمَآءَ وَاْلأَرْضَ وَمَابَيْنَهُمَا بَاطِلاً ذَلِكَ ظَنُّ الَّذِينَ كَفَرُوا
“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya tanpa hikmah. yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir” (QS. Shaad: 27).

Allah berfirman:
وَخَلَقَ اللهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ بِالْحَقِّ وَلِتُجْزَى كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَيُظْلَمُونَ
“Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan” (QS. Al-Jaatsiyah: 22)

Allah berfirman:
وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنسَ إِلاَّلِيَعْبُدُونِ
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzaariyyat: 56)


Sumber: Buku Pintar Aqidah Ahlussunnah Oleh Syaikh Al Allamah Hafizh bin Ahmad Al Hikami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar